.

.

Manajemen Peserta Didik

Menejemen Peserta Didik
Pengelolaan satuan pendidikan berbasis sekolah memiliki beberapa substansi manajmen yang harus diperhatikan. Yaitu : manajemen kurikulum, manajemen pendidik, manajemen peserta didik, manajemen keuangan, manajemen sarana-prasarana dan manajemen humas. Dalam kesempatan kali ini, penulis akan mengelupas secara terperinci tentang manajemenen peserta didik. Simak dengan baik yukk…
1.     Pengertian Manajemen Peserta Didik
Manajemen peserta didik terdiri dari dua substansi. Yaitu  manajemen dan peserta didik. Manajemen sendiri  berasal dari kata Manus (Tangan) dan Agere (melakukan) yang apabila digabungkan menjadi kata Managere yang berarti menangani/ mengelola. Sedangkan Peserta Didik adalah orang yang mendapat pelayanan pendidikan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya agar tumbuh dan berkembang dengan baik (Sunaengsih : 136)
Menurut Hendayat Soetopo (dalam Sunaengsih) mengemukakan bahwa menejemen peserta didik adalah suatu penataan atau pengaturan segela aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu mulai dari masuknya siswa sampai keluarnya siswa.
Menurut Knezevich (1961) mengartikan manajemen peserta didik (Pupil Personnel Admistration) sebagai suatu layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan, dan layanan peserta didik di kelas maupun di luar kelas.
Menurut Mulyasa (2005 : 45) Manajemen peserta didik adalah pengaturan dan penataan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik .
Dari pemaparan  tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen peserta didik juga dapat diartikan sebagai usaha pengaturan, pengawasan, dan pelayanan  terhadap peserta didik baik dikelas atau di luar kelas. Mulai dari siswa itu masuk hingga keluar sekolah.
2.     Langkah-langkah Perencanaan Peserta Didik
Menurut Asmendri (2012 : 14) langkah-langkah perencanaan peserta didik yaitu:
a.       Forcasting  artinya membuat perkiraan dengan mengantisipasi kedepan.
b.      Objectivities artinya merumuskan tujuan
c.    Policy artinya mengidentifikasi berbagai macam kegiatanyang diperhitungkan untuk dapat dicapai tujuannya.
d.      Programming merupakan seleksi atas kegiatan-kegiatan yang sudah dirumuskan dalam langkah policity
e.       Procedure merupakan langkah-langkah yang dilakukan secara berurut
f.   Schedule merupakan kegiatan penjadwalan terhadap kegiatan kegiatan yang sudah disusun
g.       Budgeting adalah anggaran atau pembiayaan
. 3Kebijakan penerimaan peserta didik baru
Kebijakan ini memuat jumlah peserta didik yang dapat diterima di suatu sekolah kebijakan perimaan peserta didik dibuat berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh dinas pendidikan kabupaten atau kota
4. Sistem penerimaan peserta didik baru
Ada 2 sistem yang digunakan  dalam penerimaan peserta didik baru:
1.      Sistem promosi, merupakan penerimaan peserta didik baru tanpa seleksi. Sistem demikian biasanya berlaku pada sekolah yang kurang pendaftar.
2.      Sistem seleksi, sistem ini dibagi menjadi 3 macam yaitu : Seleksi berdasarkan nilai EBTA murni (DANEM), berdasarkan minat bakat, dan berdasarkan tes masuk.
5. Kriteria Penerimaan Peserta Didik Baru
            Memasukkan peserta didik baru, dalam setiap sekolah memiliki criteria yang berbeda-beda. Diantaranya :
a. Kriteria acuan patokan = Adalah suatu penerimaan peserta didik baru berdasarkan patokan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
b. Kriteria acuan norma = penerimaan peserta didik berdasarkan prestasi peserta didik
c. Kriteria berdasarkan daya tampung sekolah = Adalah sistem penerimaan peserta didik berdasarkan daya tampung sekolah
6.  Rekrutmen Peserta Didik
Menurut Asmedi (2012: 44) prosedur perekrutan peserta didik adalah
a.       pembentukan panitia penerima
            Panitia penerima peserta didik bisanya susunannya terdiri dari ketua umum, ketua pelaksana, sekertaris, bendahara, pembanty umum dan seksi-seksi
b.      rapat penerimaan peserta didik

c.       pembuatan/pemasangan pengumuman
d.      pendaftaran peserta didik baru
e.       seleksi peserta didik baru
f.        rapat penentuan peserta didik
g.       pengumuman peserta didik yang diterima
h.      pendaftaran ulang peserta didik yang diterima
7. Layanan Khusus Penunjang Kegiatan Peserta didik
      Layanan ini diadakan untuk menejemn peserta didik, dan biasanya terdiri dari :
1.      layanan kantin
layanan ini di berikan untuk menunjang gizi peserta didik dan agar terjaminnya kebersihan makanan yang dibeli peserta didik

2.      Layanan koperasi
Layanan koperasi berfungsi sebagai wahana pelayanan kepada peserta didik yang membutuhkan mendesak (Ratna :2010)
3.      Layanan Transpormasi
Layanan transportasi digunakan untuk mempermudah akses peserta didik menuju sekolah dan menumbuhkan rasa aman sat masuk dan pulang sekolah
4.      Layanan kesehatan sekolah
Biasanya dibentuk sebuah wadah bernama usaha kesehatan yang dinamakan UKS
5.      Layanan Laboratorium
Setiap sekolah harus mempunyai layanan laboratorium guna menunjang  kelancaran dalam proses pembelajaran
6.      Layanan Asrama
7.        Layanan bimbingan dan konseling pesert didik

8.     Fungsi Manajemen Peserta Didik

a.       Fungsi yang berkenaan dengan perkembangan individualis peserta didik
b.      Fungsi yang berkenaan dengan perkembangan fungsi sosial peserta didik
c.       Fungsi yang berkenaan dengan penyaluran aspirasi dan harapan peserta didik
d.      Fungsi yag berkenaan dengan pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan peserta didik
9.      Mutasi Peserta Didik
Ada beberapa macam mutasi yang diantaranya sebagai berikut :
a.      Mutasi intern, mutasi yang dilakukan oleh peserta didik di dalam sekolahan itu sendiri   


b. Mutasi ekstern, perpindahan peserta didik dari satu sekolah ke sekolah lain dalam satu jenis dan satu tingkatan
10.faktor-faktor yang menyebabkan seorang peserta didik mutasi :
1.      Bersumber dari peserta didik sendiri
a.       Tidak kuat mengikuti pelajaran di sekolah tersebut
b.      Tidak suka/tidak cocok dengan sekolah tersebut
c.        malas
d.      Ketinggalan dalam pelajaran
e.       Bosan dengan sekolahnya
2.       Bersumber dari lingkungan keluarga
1.       mengikuti orang tua pindah kerja
2.      Dititipkan oleh orang tuanya ke rumah nenek atau kakeknya
3.       mengikuti orang tua yang sedang tugas belajar
4.      Disuruh pindah oleh orang tuanya
5.       orang tua merasa keberatan terhadap biaya yang dikeluarkan di sekolah tersebut
6.       mengikuti orang tua transmigrasi
3.  Bersumber dari lingkungan sekolah
a. Lingkungan sekolah tidak menarik
b. fasilitas sekolah tidak lengkap
c. guru di sekolah tersebut sering kosong
d. adanya kebijakan sekolah yang dirasakan berat oleh peserta didik
e. sekolah sulit dijangkau
f. Sekolah dibubarkan/ berhenti beroperasi
g. sekolah dirasakan tidak bonafit, seperti rendahnya angka kelulusan setiap tahunnya
.
4.  Bersumber dari lingkunag teman sebaya
1. Bertengkar dengan teman
2. Merasa diancam oleh teman
3. tidak cocok dengan teman
4. berbeda sendiri jenis kelamin dalam satu kelas 
5. berbeda strata dengan teman kelasnya

11.Analisis Penerapan Manajemen Peserta didik di TK AL MUHTADI Sendangagung
TK Almuhtadi adalah satu-satunya TK berbasis sentra di Sendang Agung-Paciran Lamongan.  Jumlah peserta didik yang ada disana pada tahun 2017 sejumlah 47 anak. Selama observasi disana, saya dapat menganalisis beberapa hal tentang penerapan menejemen peserta didik yang ada disana, yaitu
a.       Dalam hal langkah-langkah perencanaan peserta didik, TK Almuhtadi sudah sesuai dengan prosedur, yaitu mulai dari forcasting hingga budgating. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama antar guru dalam memanajemen sebaik mungkin peserta didiknya.
b.      Dalam hal penerimaan peserta didik, TK Almuhtadi juga sesuai prosedur, hanya saja, karena TK almuhtadi tergolong TK yang masih kekurangan murid, maka untuk langkah seleksi dihapuskan, karena semua peserta didik yang daftar pasti dapat masuk di TK Almuhtadi. Di TK Almuhtadi juga tidak ada pendaftaran ulang peserta didik. Hal ini bertujuan untuk mempermudah wali murid yang mendaftar. Jadi sekali mereka daftar, maka mereka sudah terdaftar
c.       Dalam pemberian layanan khusus pada peserta didik, TK Almuhtadi tidak begitu lengkap, disana hanya menyedikan layanan kantin, bimbingan konseling dan kesehatan. Untuk layanan yang lainnya disana belum tersedia
d.      Dalam kriteria penerimaan peserta didik baru, TK Almuhtadi mengikuti kirtieria berdasarkan daya tampung sekolah. Karena menyesuaikan jumlah guru yang ada di TK Almuhtadi. Namun sayangnya, di TK aAlmuhtadi hingga 2017 jumlah peserta didik yang daftar selalu kurang dari target
e.       Karena TK Almuhtadi kurang pendaftar, maka TK Almuhtadi menggunakan sistem promosi dalam sistem penerimaan peserta didik baru.
Demikan yang dapat penulis paparkan mengenai manajemen peserta didik, semoga bermanfaat. (tulisan ini disusun gunamemenuhi tugas UAS mata kuliah Dasar-DAsar Manajemen Peserta Didik)
Daftar Pustaka
Daryanto, 2013. "Manajemen Pendidikan di Sekolah". Yogyakarta : Gava Media
Hermino Agustinus, 2013. " Manajemen Pendidikan di Sekolah" Jakarta : PT Gramedia
Kristian, Muhammad, 2017. Manajemen Pendidikan . Yogyakarta : Penerbit Deepublish
Sunaengsih, Cucun, 2017. "Buku Pengelolaan Pendidikan". Sumedang : UPI Sumedang Press

Penulis:  Iftitahur Rizqiyah, mahasiswa semester 4 prodi PGPAUD UTM. bisa dihubungi di instagram @iftitahur_rizqiyah_pgpuad atau email iftahbintang@gmail,com
.



0 komentar:

Posting Komentar

"Silahkan Berkomentar Susuai Topik atau Artikel di Atas Terimakasih"

Transparent Sexy Pink Heart