BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
PAUD dibentuk dengan pertimbangan bahwa masyarakat Indonesia dewasa ini sedang berada dalam kondisi moral dan mentalitas yang memprihatinkan, yang menjadi akar dari kompleksitas persoalan bangsa. Perbaikan terhadap kondisi moral dan mentalitas kolektif bangsa Indonesia perlu dilakukan melalui pendidikan bagi generasi penerus sejak usia dini. Karena itu, perhatian terhadap pendidikan anak usia dini menjadi suatu keharusan dalam upaya mempersiapkan generasi penerus yang dapat membawa kehidupan bangsa kea rah perbaikan uyang bermartabat. Masyarakat sendiri sudah tampak menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini, hal ini terlihat dari berkembang pesatnya lembaga-lembaga pendidikan bagi anak usia balita seperti kelompok bermain (play group), taman kanak-kanak dan sekolah dasar, baik yang di kelola yayasan maupun berbagai lembaga keagamaan.
Pendidikan anak usia dini sendiri tidak ditekankan semata kepada pemberian stimulus pengayaan pengetahuan anak, tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya kreatifitas anak, dan yang sangat penting adalah pada pembentukan sikap mental dan kepribadian anak yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama. Hal itu akan menjadi pondasi bagi perkembangan watak dan kepribadian anak sampai mereka dewasa dan siap menjalankan berbagai peran kemanusiaan. Pada hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini melalui pendidikan anak usia dini (PAUD), yaitu pendidikan yang di tunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Sebagai jenjang pendidikan, paud merupakan pendidikan yang di selenggarakan sebelum pendidikan dasar Sembilan tahun. Hal tersebut bertujuan menyiapkan anak-anak usia dini siap memasuki jalur pendidikan dasar selanjutnya dengan bekal kesiapan mental dan emosional serta aspek-aspek lain dalam diri anak untuk menerima beban materi yang lebih di tingkat pendidikan dasar. Dalam laporan observasi ke sekolah ini akan dibahas mengenai penyelenggaraan PAUD di TK ALMUHTADI 1.
B. TUJUAN OBSERVASI
Tujuan dilakukannya observasi di TK ALMUHTADI 1 antara lain :
1. Untuk mengetahui keadaan fisik di Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1
2. Untuk mengetahui operasional kegiatan di Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1
3. Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1
4. Untuk mengetahui permainan yang ada di Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1
C. METODE OBSERVASI
Dalam melakukan observas penulis melakukan beberapa metode untuk memperoleh data, diantaranya :
1. Metode wawancara yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber.
2. Metode pengamatan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek. Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada di TK ALMUHTADI 1 selama satu minggu.
3. metode dokumentasi yaitu dengan mengambil seluruh dokumentasi yang dianggap perlu untuk ditulis dalam laporan.
BAB II
PEMBAHASAN
Keadaan TK ALMUHTADI 1 yang terletak di Jl. KH.ISMAIL No.96 Suto Sendangagung kecamatan Paciran kabupaten Lamongan tergolong sangat bagus karena fasilitas dan sarana prasarananya yang lengkap, dan sudah melakukan sistem pembelajaran berbasis sentra. TK ALMUHTADI 1 .memiliki gedung berlantai dua yang di bagi menjadi 6 kelas yaitu :sentra balok, sentra persiapan, sentra seni dan kreatifitas, sentra agama, sentra SAINS dan sentra main peran. selain itu juga dilengkapi satu ruang kantor , satu ruang gudang ,tiga kamar mandi, dan halaman yang luas untuk olahraga dan melakukan berbagai kegiatan. letaknya juga tergolong kondusif untuk melakukan pembelajaran.
Gambar 1, TK ALMUHTADI tampak dari depan
B.OPERASIONAL KEGIATAN
a. Kegiatan anak
kegiatan di TK ALMUHTADI 1 mulai di laksanakan sejak pukul 07.30 , sedangkan siswa TK banyak yang masuk sebelum pukul 07.00 dengan dan tanpa di antar orang tuanya. sebelum masuk kelas dilaksanakan baris di depan kelas , baru setelah itu anak melakukan kegiatan pembelajaran hingga pukul 09.00 kemudian istirahat. pada jam istirahat anak anak membeli jajan ang sudah di siapkan kemudian bermain baik di dalam atau di luar kelas.
setelah itu anak masuk lagi melakukan kegiatan penutup dan pulang pada pukul 09 :45
Gambar 2 kegiatan anak ketika persiapan sebelum pulang
b. Kegiatan guru
Jumlah guru yang ada di TK ALMUHTADI 1 ada 9 orang, ditambah satu TU bagian administrasi. guru datang sebelum pukul 07.00 untuk mempersiapkan kelas terlebih dahulu, ketika anak anak masuk , sebagian guru berjejer di depan untuk menyambut siswa dan orang tuanya dan bersalaman, kemudian baris bersama setelah itu baru melakukan pembelajaran sesuai sentra yang di jadualkan. Ketika pembelajaran selesai, guru merapikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian berdiskusi dengan guru lainnya di ruangan kantor sekaligus menyiapkan RPPh untuk besok baru kemudian pulang.
c. Kegiatan orang tua/pendamping
Sebagian siswa datang tanpa diantar orang tua mereka, karena umumnya jarak rumah mereka cukup dekat. Namun ada juga anak yang diantar dan dijemput orang tuanya setiap hari. orang tua/ pendamping memiliki tabungan sendiri , jadi setiap mengantarkan anak sekolah mereka sambil menabung ,yang di gagas oleh ibu wali murid sendiri. selain itu jajan yang di jual ketika istirahat juga program dari ibu wali murid.
untuk anak Kelompok Bermain sebagian ada yang di tunggu di dalam ruang kelas, namun untuk anak TK semuanya di tunggu di luar ruang kelas. pada waktu mengantarkan sekolah banyak orang tua yang menghabiskan waktu untuk mengobrol dengan wali murid lain, sambil menunggu anaknya.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pembelajaran di Kelompok Bermain TK ALMUHTADI 1
Berdasarkan hasil observasi penulis , kegiatan di Kelompok Bermain di TK ALMUHTADI 1 pada tanggal 16 Januari 2017 :
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan Darat
Tempat : Sentra Agama
tabel 1. tabel kegiatan pembelajaran di kelompok bermain
Kegiatan pembuka
(07.30-08.00) Kegiatan inti
(08.00-09.00) Kegiatan penutup (sesudah istirahat)
(09.30-Selesai)
1. memberi salam
2. membaca sholawat
3. membaca surat pendek (alfatihah – allahab)
4. membaca dua kalimat syahadat
5. doa akan belajar
6. membaca asmaul husna(1-30)
7. nama nama hari
8. nama nama bulan
9. menyanyikan lagu “naik delman” 1. menjelaskan apa itu kendaraan darat
2. guru menunjukan media gambar kendaraan darat, kemudian menjelaskan nama kendaraan tersebut.
3. menjelaskan kalau nama pengemudi mobil adalah sopir
4. guru menerangkan bentuk dan cara menulis huruf hijaiyah “ghin”
5. guru menjelaskan bahwa kegiatan hari ini di bagi dua yaitu : 1).membuat roda mobil dengan sedotan. 2).menebali huruf “ghin”
5. anak memilih kegiatan yang disukai terlebih dahulu
6. anak membaca satu satu huruf yang di tebali (ghin) 1. membaca doa sesudah makan
2. membaca doa naik kendaraan darat
3. membaca doa sehari hari
4. mengingat kembali pelajaran sebelum istirahat
5. tepuk sebelum pulang
6.menerapkan SOP pulang
7. menyanyi lagu “ sak niki kulo badhe mantok”
8. mengucapkan salam
9. guru memberi pertanyaan seputar tema, yang bisa menjawab pulang lebih dulu.
b. . Kegiatan pembelajaran di Kelompok A TK ALMUHTADI 1
Berdasarkan hasil observasi penulis , kegiatan di Kelompok Bermain di TK ALMUHTADI 1 pada tanggal 18 Januari 2017 :
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan Darat
Tempat : Sentra Persiapan
tabel 2. kegiatan pembelajaran di kelompok A
Kegiatan pembuka
(07.30-08.00) Kegiatan inti
(08.00-09.00) Kegiatan penutup (sesudah istirahat)
(09.30-Selesai)
1. memberi salam
2. menyanyi lagu “selamat pagi”
3. membaca sholawat
4. membaca surat pendek (alfatihah – )
5. membaca dua kalimat syahadat
6. doa akan belajar
7. membaca asmaul husna(1-90)
8. menyanyi sifat wajib bagi Allah
9. sholawat burdah
10. istighfar
11.menyebutkan nama nama hari
12. menyebutkan nama nama bulan
13. bermain kereta api kereta apian 1. menyebutkan bagian-baigai kereta api
2. guru menjelaskan bahwa pengemudi kereta api adalah masinis
3. guru menjelaskan stasiun tempat berhentinya kereta api, terminal berhentinya bis
4. guru mengajarkan cara menulis “kereta api”
5. membaca bersama-sama buku baca
6. guru menjelaskan bahwa kegiatan di bagi menjadi : 1) menuliskan “kereta api 3 kali. 2). menghubungkan nama dan gambar dari bagian kereta api
7. murid memilih kegiatan
8. murid membaca buku baca satu satu 1. membaca doa sesudah makan
2. membaca doa naik kendaraan darat
3. membaca doa sehari hari
4. Tanya jawab kegiatan hari ini
5. tepuk sebelum pulang
6.menerapkan SOP pulang
7. menyanyi lagu “ sak niki kulo badhe mantok”
8. guru menginformasika kegiatan besok
9. mengucapkan salam
10. guru memberi pertanyaan seputar kegiatan hari ini, yang bisa menjawab pulang lebih dulu.
c. Kegiatan pembelajaran di Kelompok B TK ALMUHTADI 1
Berdasarkan hasil observasi penulis , kegiatan di Kelompok Bermain di TK ALMUHTADI 1 pada tanggal 18 Januari 2017 :
Tema : Rekreasi
Sub Tema : Kendaraan Laut
Tempat : Sentra Agama
tabel 3. kegiatan pembelajaran di kelompok B
Kegiatan pembuka
(07.30-08.00) Kegiatan inti
(08.00-09.00) Kegiatan penutup (sesudah istirahat)
(09.30-Selesai)
1. memberi salam
2. menyanyi lagu “selamat pagi”
3. membaca sholawat
4. membaca surat pendek (alfatihah – )
5. membaca dua kalimat syahadat
6. doa akan belajar
7. membaca asmaul husna(1-90)
8. menyanyi sifat wajib bagi Allah
9. sholawat burdah
10. istighfar
11.menyebutkan nama nama hari
12. menyebutkan nama nama bulan
13. mempraktekan mendayung perahu 1. guru menyebutkan macam-macam kendaraan laut
2. guru menjelaskan pelabuhan tempat berhetinya laut, nahkoda pengemudi kapal
3. guru menjelaskan fungsi kapal
4. guru mengajarkan cara menulis “ kapal laut”
5. membaca bersama-sama buku baca
6. guru menjelaskan bahwa kegiatan di bagi menjadi : 1) menuliskan “kapal laut 3 kali. 2). mencocokan potongan bagian kapal dalam gambar kapal yang utuh. 3). mewarnai gambar kapal
7. murid memilih kegiatan
8. murid membaca buku baca satu 1. membaca doa sesudah makan
2. membaca doa naik kendaraan laut
3. membaca doa sehari hari
4. Tanya jawab kegiatan hari ini
5. tepuk sebelum pulang
6.menerapkan SOP pulang
7. menyanyi lagu “ sak niki kulo badhe mantok”
8. guru menginformasika kegiatan besok
9. mengucapkan salam
10. guru memberi pertanyaan seputar kegiatan hari ini, yang bisa menjawab pulang lebih dulu.
Gambar 3 suasa kegiatan pembelajaran di TK B ALMUHADI 1
D. PERMAINAN di TK AL MUHTADI 1
jenis permainan di tiap kelas berbeda beda tergantung sentranya, berikut ini penulis uraikan segala macam yang ada di masing masing sentra :
a. Sentra Agama.
tabel 4. ragam fasilitas di sentra agama
Mainan & Media Fasilitas
1. puzzle huruf hijaiyah
2. Miniatur Tempat ibadah
3. miniatur berdoa
4. miniature tata cara sholat
5. miniatur tata cara wudhlu
6. mukenah
7. sajadah
8. kopyah
1. papan tulis
2. kipas angin
3.kursi belajar
4. meja belajar
5. karpet
6. keranjang sampah
7. tempat air untuk cuci tangan
8. Almari
9. Kalender
10. jam dinding 1. poster rukun islam
2. poster tata cara wudhu
3. poster do’a sehari-hari
4. poster pendiri NU
5. poster ulama’
6. poster asmaul husna
7. poster nama nama hari
8.kaligrafi
9. visi misi
10. profil sentra agama
11. gambar makkah
12. foto logo IPNU,IPPNU
13.hiasan dinding
b. Sentra Main peran
tabel 5. ragam fasilitas di sentra main peran
Mainan & Media Fasilitas
1. setrika mainan
2. kompor mainan
3. peralatan masak mainan
4.buah buahan mainan
5. teko mainan
6. handphone mainan
7. pizza mainan
8. kipas mainan
9. peralatan rumah mainan
10. topeng
11. peralatan kebersihan
12. boneka jari
13. peralatan dokter mainan 1. papan tulis
2. kipas angin
3.kursi belajar
4. meja belajar
5. karpet
6. keranjang sampah
7. tempat air untuk cuci tangan
8. Almari
9. Kalender
10. jam dinding
11. kotak P3K 1. profil sentra main peran
2. visi misi
3. absensi
4. hiasan dinding
5. nama nama hari
6. foto profil siswa
c. Sentra Persiapan
tabel 6. ragam fasilitas di sentra persiapan
Mainan & Media Fasilitas
1. peraga baca
2. jam mainan
3. peraga menghitung
4. puzzle angka
5. puzzle huruf
6. miniatur 4 sehat 5 sempurna 1. papan tulis
2. kipas angin
3.kursi belajar
4. meja belajar
5. karpet
6. keranjang sampah
7. tempat air untuk cuci tangan
8. Almari
9. Kalender
10. jam dinding
11. kotak P3K
13. perpustakaan kecil
1. poster mengenal angka
2. poster menegnah huruf hijaiyah
3. poster mengenal abjad
4. poster nama buah
5. poster transportasi darat
6. poster transportasi laut
7. poster nama nama hari
8. poster nama nama buah
9. jam kejujuran peserta didik
10. hiasan dinding
11. profil foto siswa
12. profil sentra persiapan
13. visi misi
Gambar 4 ruang kelas sentra persiapan
d. Sentra Sains
tabel 7. ragam fasilitas di sentra sains
Mainan / Media Fasilitas
1. ikan mainan
2. batu warna warni
3. pasir berwarna
4. air warna
4. pohon mainan
5. kompas mainan
6. plastisin
7. buah mainan
8. cat warna
9. jagung
10.media pengenal anggota tubuh 1. papan tulis
2. kipas angin
3.kursi belajar
4. meja belajar
5. karpet
6. keranjang sampah
7. tempat air untuk cuci tangan
8. Almari
9. Kalender
10. jam dinding
11. kotak P3K
12. perpustakaan kecil
1. profil sentra sains
2. visi misi
3. tata tertib
4.poster ulama’
5. poster logo IPNU, IPPNU
6. poster proses terjadinya hujan
7.kaligrafi
8. denah
9. logo NU
e. Sentra Seni & Kreatifitas
tabel 8. ragam fasilitas di sentra seni& kreatifitas
Mainan/ Media Fasilitas
1. rebana
2. gamelan
3. cat air
4. topi mainan
5. kertas lipat
6. piring kreatifitas
7. alat music mainan
8. plastisin
9. menara susun
10. 1. papan tulis
2. kipas angin
3.kursi belajar
4. meja belajar
5. karpet
6. keranjang sampah
7. tempat air untuk cuci tangan
8. Almari
9. Kalender
10. jam dinding
11. kotak P3K
12. perpustakaan kecil
1. profil sentra seni & kreatifitas
2. visi misi
3. tata tertib
4. poster asmaul husna
5. poster bimbingan cara wudlu
6. poster doa sehari hari
7. foto ulama’
8. logo IPNU, IPPNU
9. profil siswa
f. Sentra Balok
tabel 9. ragam fasilitas di sentra balok
Mainan/ Media Fasilitas
1. berbagai jenis balok
2. rumah balik
3. balok angka susun
4. miniatur buah susun
5. papan profesi
6. miniature profesi
7. papan macam-mmacam komunikasi
8. miniature rambu rambu lalu lintas
9. 1. papan tulis
2. kipas angin
3.kursi belajar
4. meja belajar
5. karpet
6. keranjang sampah
7. tempat air untuk cuci tangan
8. Almari
9. Kalender
10. jam dinding
11. kotak P3K
12. perpustakaan kecil
13. salon 1. profil sentra balok
2. visi misi
3. denah
4. tata ertib
5. poster pahlawan nsional
6. poster pahlawan kemerdekaan
7. poster soekrno
8. poster bungkarno
9. poster tema”
10. gambar nama nama bulan
11. gambar huruf abjad
12. hiasan dinding
13. poster garuda Indonesia
14. poster IPNU,IPPNU
15. foto ulama’
g. Permainan Outdoor
TK ALMUHTADI 1 memiliki beberapa permainan yang di letakkan di luar ruang kelas, yaitu :
1. jungkat jungkit
2. ayunan
3. mandi bola
4. prosotan
5. jembatan pelangi
6. ayunan putar
Gambar 5 Halaman tempat Permainan Outdoor di TK ALMUHTADI 1
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa
1) Taman Kanak-kanak AL MUHTADI 1 didirikan sejak tanggal 2 juni 1966.
2) Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1 menggunakan pembelajaran sentra
3) Fasilitas dan sarana prasarana di Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1 sudah lengkap.
4) Proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1 sudah teratur dan disiplin.
5) Keadaan fisik Taman Kanak-kanak ALMUHTADI 1 sudah bagus dan lengkap
B. SARAN
Dari analisis observasi, penulis mempunyai saran untuk TK ALMUHTADI 1. Mudah- mudahan saran ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan belajar mengajar di TK ALMUHTADI 1 :
Saran dari penulis antara lain:
1. Sebaiknya guru bisa lebih memahami kepribadian dari masing masing anak
2. Adanya hubungan baik antara guru dan wali murid.
3. adanya 2 guru di tiap kelas,yaitu guru utama dan guru pendamping.
4. Pengelolaan yang baik perlu di tingkatkan agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
5. Lebih melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa memperlancar proses pembelajaran.
BAB IV
PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di Yayasan Pendidikan Muslimat NU AL MUHTADI dapat di selesaikan dengan lancar. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pengajar yang sudah mempunyai pengetahuan tentang Pendidikan Anak Usia Dini, sebagai penu
tup dari laporan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak- pihak yang membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak kesalahandan kekurangan. Oleh karena itu, penulis minta maaf dan penulis mengharapkan saran serta kritik yang membangun untuk penulis agar penulis bias membuat laporan observasi yang lebih baik dikemudian hari.
Demikian, semoga laporan hasil observasi ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1) format buku calon peserta didik
2) format formulir pendaftaran
3) format buku induk anak
4) format daftar kelompok
5) format buku mutasi
6) format buku kehadiran
7). format buku tamu dinas
8) format buku tamu umum
9). Format buku pengambilan dan pengembalian LPPA
10).format buku inventaris kelas
11). format buku penghubung
12). format data kepegawaian
13). format daftar hadir pegawai
14).format buku inventaris gedung dan barang
15). format buku inventaris buku perpustakaan
16). format buku inventaris alat permainan edukatif
17). Format Buku Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah
18). format buku kas umum
19). format laporan keuangan
20). format laporan kegiatan bulanan
21). format buku surat masuk dan keluar
22). format struktur organisasi TK
23). struktur organisasi Kelompok Bermain
24). format rencana kerja jangka panjang
25). formulir kerja sama/ kemitraan
26). kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain
29). Kegiatan Pembelajaran di Kelompok A
30). Kegiatan Pembelajaran di Kelompok B
0 komentar:
Posting Komentar
"Silahkan Berkomentar Susuai Topik atau Artikel di Atas Terimakasih"