.

.

diary part#9 laporan observasi strategi pembelajaran di TK Muslimat Salafiyah Badu



BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
          Anak usia dini atau yang sering disebut golden age adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa,  mereka selalu aktif, dinamis, antusias dan ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, dirasakan, mereka seolah-olah tidak pernah bereksplorasi dan belajar
Dunia pendidikan seiring berjalannya waktu mengalami perubahan, maka persaingan mutu pendidikan sangat ketat dan perlu adanya pembenahan terutama dalam dunia pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak dapat dilaksanakan melalui jalur formal, non formal, dan informal. Pendidikan formal (pendidikan yang dikelola oleh pemerintah) seorang anak dapat diperoleh dari bangku PAUD, TK, SD, SMA, dan sampai tingkat jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan non formal (pendidikan yang dikelola oleh yayasan) dapat diperoleh dari TPA, KB, atau sejenisnya. Sedangkan pendidikan informal diperoleh sejak dari masih berada dalam kandungan seorang ibu (Pendidikan Prenata) dan dari lingkungan anak.
Tercapainya  keberhasilan dalam pendidikan peserta didik, maka sebuah lembaga pendidikan harus mempunyai strategi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik yaitu ditandai dengan adanya perkembangan dan perubahan akhlak, sosial, dan IQ anak. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu.

B. Tujuan Pelaksanaan
1.        Mengetahui profil TK Muslimat Salafiyah
2.        Mengetahui kurikulum yang digunakan di TK Muslimat Salafiyah
3.        Mengetahui penyusunan,pelaksanaan dan penilaian yang dilaksanakan oleh guru TK Muslimat Salafiyah
4.        Mengetahui metode, strategi dan model pembelajaran yang digunakan di TK Muslimat Salafiyah
5.        Untuk melakukan pengamatan proses belajar dan mengajar antara pendidik dan peserta didik di TK Muslimat Salafiyah
C. Manfaat
1.      Manfaat bagi Penulis
Penulis mendapatkan pengetahuan baru mengenai strategi pembelajaran apa saja yang diterapkan di TK dan pengaplikasian  kurikulum 2013 dalam pembelajaran di TK
2.      Bagi Pendidik
Pendidik dapat bertukar ilmu dengan penulis (observer) seputar kurikulum 2013 untuk menambah wawasan dan mengetahui kekurangan serta kelebihan dalam penerapan kurikulum dan strategi pembelajaran.

D. Metode Observasi
Dalam melakukan observasi penulis melakukan beberapa metode untuk memperoleh data, diantaranya :
1.      Metode wawancara yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber, diantaranya adalah kepala sekolah, guru kelas dan anak didik.
2.      Metode pengamatan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek. Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada di TK Muslimat Salafiyah selama satu minggu.
3.      metode dokumentasi yaitu dengan mengambil seluruh dokumentasi yang dianggap perlu untuk ditulis dalam laporan.





BAB II
PEMBAHASAN
Dalam observasi kali ini observer melakukan observasi di satu-satunya TK yang terdapat di dusun Badu Desa wanar, berikut ini profil singkat TK Muslimat Salafiyah

A.      Profil Sekolah
I.         SEKOLAH
1.        Nama Sekolah                : TK Muslimat Salafiyah
2.        NSS                               :002050724012
3.        NPSN                            :20567117
4.        Tahun Berdiri                 : 1980
5.         Alamat                          : Jl. Masjid Darussalam
6.        Dusun                            : Badu
7.        Kelurahan                      : Wanar
8.        Kecamatan                     : Pucuk
9.        Kabupaten                     : Lamongan
10.    Propinsi                          : Jawa Timur
11.    Status Tanah                  : Bukan milik sendiri
II.      KEPALA SEKOLAH
1.              Nama                           : Eni Thorofah, S.Pdi
2.        NIP                                : 19731223 200604 2 004
3.        Jenis Kelamin                 : Perempuan
4.        Jabatan                           : Kepala TK Muslimat Salafiyah
5.        Pendidikan Terakhir      : S1
6.        Alamat Rumah               : RT 04 RW 07 Dsn.Badu Ds.Wanar Kecamatan

III.              VISI DAN MISI
-       Visi :
Terciptanya anak didik yang kreatif, mandiri , disiplin dan berakhlaqul karimah
-       Misi :
-          mengembangkan kreativitas anak
-          menanamkan sikap mandiri dan disiplin
-           menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik pada anak

IV.   KEADAAN SISWA
NO.
Kelas
TAHUN AJARAN 2016/2017
JUMLAH
L
P
1.
Playgroup
7
9
16
2.
A
6
7
13
3.
B
11
7
18
Total
24
23
47

V.      KEADAAN GURU
No
Nama
Jabatan
Mengajar di Kelas
1.
Eni Thorofah, S.Pdi
Kepala Sekolah
A
2.
Ma'rifah, S.Pd
Guru Kelas
B
3.
Hikmawati,S.Pdi
Guru kelas
Playgroup

B.     Kurikulum yang Digunakan

TK Muslimat salafiyah dalam proses pembelajarannya mengacu pada kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis karakter dengan  mengutamakan pemahaman , skill dan pendidikan karakter .Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru dari pemerintah sebagai ganti dari KTSP 2006. Dalam kurikulum 2013 memiliki 3 aspek penilaian yaitu aspek penilaian, aspek pengetahuan, aspek sikap  dan aspek perilaku. Kurikulum 2013 untuk PAUD disiapkan oleh satuan PAUD yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan anak yang mengacu pada Peremendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.

a.      Penyusunan Pembelajaran
Penyusunan kegiatan pembelajaran pada TK Muslimat salafiyah mengacu pada berbagai program,diantarnya adalah program tahunan yang berupa kalender akademik dimana didalamnya berisi permulaan tahun pelajaran hari efektif, hari efektif , libur dan program kegiatan selam setahun yang mencakup hari-haribesar nasioanal. Barulah disusun  program semester (PROSEM) yang mengatur capaian belajar anak didik dan tema/subtema selama satu semester , kemudian  RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) yang pada akhirnya menghasilkan RPPH (Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran Harian ) yang digunakan setiap harinya.. Setiap harinya dalam RPPH sudah terjadwal mulai dari sentra, tema ,subtema, semester dan harinya. Dalam RPPH sudah dijelaskan secara rinci mengenai materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan rencana penilaian kegiatan jadi guru dapat melakukan proses pembelajaran secra teratur dan terarah sesuai dengan RPPH.

b.      Pelaksanaan Pembelajaran
Pembelajaran yang dilaksanakan pada TK Muslimat Salafiyah mengacu pada kalender akademik, PROSEM, RPPM, RPPH yang telah disusun.  . namun pada kenyataannya di TK Muslimat Salafiyah dalam pelaksanaan pembelajarannya sebagian belum mengacu  RPPH yang telah disusun, mengingat media, sarana dan prasaran yang belum memadai, hanya sebagian dari program kegiatan RPPH yang terlaksana, untuk kegiatan lainnya disesuaikan dengan media dan tema pada hari tersebut.  Sehari sebelum pembelajaran guru telah menyiapkan bahan dan media untuk pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran dimulai  pukul 07.00 sampai 10.00 dengan rincian :
a.      Pembukaan (07.00 - 07.30)
1.memberi salam
2. menyanyi lagu “selamat pagi”
3. membaca sholawat
4. membaca surat pendek (alfatihah – )
5. membaca dua kalimat syahadat
6. doa akan belajar
7. membaca asmaul husna(1-90)
8. menyanyi sifat wajib bagi Allah
9. menyebutkan nama nama hari
10    . menyebutkan nama nama bulan
                             11Maju satu satu untuk membaca pancasila atau yang lainnya   
b.      Inti (07.30 -  08.30)
1.      Pengenalan kegiatan
2.      Pelaksanaan kegiatan
3.      Pemberian tugas
4.      Pengumpulan tugas
c.       Istirahat (08.30 – 09.00)
d.      Penutupan (09.00 – 09. 30 )
1.      Menyanyi
2.      Membaca doa sehari-hari
3.      Resume kegiatan
4.      Persiapan pulang
5.      Berdoa pulang

e.       Penilaian Pembelajaran.
Sistem penilaian pada  TK Muslimat Salfiyah dilakukan  oleh guru setiap hari. Selain mengacu pada penilaian yang tersedia pada RPPH, guru juga melakukan penilaian dengan menggunakan catatan ankedot anak, hasil karya, perkembangan anak  dan nilai kegiatan harian yang kemudian rekapitulasi penilaian tersebut diberikan kepada orang tua wali setiap satu semester sekali. Penilaian tersebut juga sebagai acuan apakah anak tersebut bisa naik kelas atau tinggal kelas.

C.    Proses Pembelajaran

a.      Model Pembelajaran yang digunakan
Menurut Trianto (2009) model pembelajaran merupakan pendekatan yang luas dan menyeluruh serta dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaks (pola urutannya), dan sifat lingkungan belajarnya. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru TK muslimat salafiyah adalah model pembelajaran kelompok, dimana anak didik dibagi menjadi beberapa kelompok, biasanya 2-3 kelompok dengan kegiatan yang berbeda-beda, ketika anak selesai melakukan satu kegiatan , maka anak boleh melakukan kegiatan lain di kelompok lainnya, namun jika anak didik sudah selesai semua kegiatannya maka anak dapat bermain didalam kelas yang biasanya disebut dengan kegiatan pengaman.
Karena TK Muslimat Salafiyah mengacu padakurikulum 2013 maka seharunsya model pembelajaran yang diterapkan adalah model sentra, namun karena tempat, media dan sarana prasarana di TK Muslimat Salafiyah kurang mendukung untuk diadakannya pembelajaran dengan model sentra.

b.      Metode Pembelajaran
adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan. Dalam penyelenggaraan pembelajaran, TK Muslimat menerapkan beberapa metode pembelajaran diantaranya :
1.    Metode Bermain
Anak kecil suka bermain, dengan metode bermain anak bisa belajar melalui bermain .Kelebihan metode ini adalah bisa sebagai wahana meningkatkan perkembangan fisik, kognitif maupun emosional anak sesuai dengan tahap perkembangan anak pada usianya. Biasanya metode bermain ini dapat diterapkan ketika didalam ataupun diluar kelas
2.    Metode Ceramah
Metode ceramah diterapkan ketika guru menyampaikan materi kepada anak didik, guru menjelaskan dan anak-anak mendengarkan. Metode ini butuh keseriusan lebih karena jika anaktidak memperhatikan,maka dia tidak akan paham apa yang disampaikan oleh gurunya.
3.    Metode Bercerita
Metode bercerita biasanya digunakan ketika hendak menyampaikan pesan-pesan dan nilai-nilai kebaikan yang hendak diinternalisasikan kepada anak. Kelebihan penggunaan metode ini adalah dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, karena anak sangat senang dengan cerita-cerita.
4.    Metode Karya Wisata
Metode karnya wisata dilakukan diluar kelas. Anak diajak keluar untuk melihat secara langsung obyek yang akan dipelajari sehingga pembelajaran lebih bermakna. Metoe ini diterapkan hanya stu semester sekali, atau setahun sekali.
5.    Metode Tanya Jawab
Kelebihan dari metode Tanya jawab adalah anak didorong untuk lebih aktif dalam menjawab dan bertanya sehingga dapat merangsang kemampuan berfikirnya dan guru dapat mengetahui perkembangan setiap anak.,karena guru dapat langsung menilai kemampuan anak dalam menjawab atau bertanya. Sehingga guru dapat melakukan diagnose dan rencana tindak lanjutnya.
6.    Metode Penugasan
Metode penugasan biasanya diaplikasikan ketika guru selesai memberikan materi kemudian diberi penugasan seputar materi yang telah disampaikan sebagai bahan evaluasi apakah anak benar-benar sudah menguasai pembelajaran pada hari tersebut
7.    Metode bernyanyi
Kelebihan metode bernyanyi dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Anak-anak biasanya sangat senang bernyanyi, sehingga saat proses pembelajaran dibagian pembukaan dan penutupan diberi nyanyian. Selain itu dengan bernyanyi anak akan lebih mudah mengingat suatu materi, jadi untuk mempermudah anak belajar, biasanya diselipi lagu-lagu yang sesuai dengan tema pembelajaran pada hari tersebut.
c.       Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar tertentu. Strategi berbeda dengan metode. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu ,sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Srategi pembelajaran yang diterapkan di TK Muslimat Salafiyah adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada anak. Strategi ini untuk mendorong perkembangan anak agar maksimal, strategi pembelajaran yang berpusat pada anak ini dibagi menjadi tiga tahap,yaitu perencanaan, bekerja dan review.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
TK Muslimat Salafiyah didirikanpada tahun 1980. Di TK Muslimat salafiyah mengacu pada kurikulum 2013, dimana penyusunan pembelajarannya melalui PROMES, RPPM dan RPPH, namun dalam pelaksanaannya tidak mengacu sepenuhnya pada program tersebut. Sistem penilaiannya harian dan diberikan kepada walimurid tiap satu semester sekali. Model pembelajaran di TK Muslimat Salafiyah adalah model pembelajaran kelompok dengan strategi pembelajaran yang berpusat pada anak. Adpun metode yang diterapkan untuk pengaplikasian model dan strategipembelajaran tersebut adalah metode ceramah,bernyanyi, bercerita, Tanya jawab, ceramah karya wisata dan penugasan.
B.     Saran
Penulis memiliki saran untuk TK Muslimat Salafiyah agar melakukan proses pembelajaran sesuai dengan RPPH yang telah disusun dan juga mengusahakan adanya model pembelajaran sentra, mengingat kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013.



LAMPIRAN- LAMPIRAN









Gambar 1 : penerapan metode bernyanyi dengan guru meminta murid maju satu persatu untuk bernyanyi









Gambar 2 :   metode penugasan, guru memberi tugas menyatukan huruf abjad setelah memberikan materi









Gambar 3 : Anak-anak bermain  dalam kelas ketika menunggu temannya belum selesai melakukan kegiatan (kegiatan pengaman)









Gambar 4 : guru mnjelaskan materi dengan metode ceramah










Gambar 5 : Guru melakukan tanyajawabdengan anak, dan anak berpartisipasi menjawab (metode Tanya jawab)











Gambar 6 : observer dan anak didik waktu istirahat
      Gambar 7 : foto bersama guru kelas dan observer dan peserta didik menunjukan hasil karyanya.


0 komentar:

Posting Komentar

"Silahkan Berkomentar Susuai Topik atau Artikel di Atas Terimakasih"

Transparent Sexy Pink Heart